Khasiat Shalat Tahajjud yang Dahsyat

Shalat sunnah tahajjud yaitu shalat yang dikerjakan diwaktu malam sesudah bangun dari tidur. Dan disebut shalat tahajjud karena dikerjakan diwaktu malam sesudah bangun dari tidur, sekalipun tidurnya hanya sebentar.
Adapun waktunya shalat tahajjud itu sesudah shalat isya’ hingga terbit fajar. Dan apabila sudah diketahui waktu shalat tahajjud yang demikian panjang, namun waktu yang paling utama adalah pada spertiga malam yang terahir.
Shalat tahajjud itu sangat dianjurkan dalam islam agar diamalkan oleh segenap kaum muslimin dan muslimah
dimanapun mereka berada.  Allah SWT ber-Firman :

“Dan pada sebagian malam, maka shalat tahajjudlah kamu sabagai suatu ibadah tambahan bagimu, semoga Tuhanku mengangkat kamu pada tempat yang terpuji” (QS. Al-Israa’ ayat 79)

Tata Cara Shalat Tahajjud

·         Shaalat tahajjud dikerjakan paling sedikitnya 2 raka’at hingga paling banyak tidak terbatas, dengan setiap 2 rakaat 1 salam.
·         Niatnya adalah :
USHOLLII SUNNATAT TAHAJJUDI ROK’ATAINI LILLAHI TA’ALAA..
Artinya : “aku berniat shalat sunnat tahajjud dua roka’at karena Allah Ta’ala”
·         Shalat tahajjud seperti shalat biasa baik gerakannya maupun bacaannya.
·         Menutup shalat tahajjud dengan berdoa. Inipun bukan sesuatu yang wajib, hanya saja berdoa adalah kebiasaan yang sangat baik dan dianjurkan sebagai tanda penghambaan kita kepada Allah SWT.

Khasiat dan Fadlilah Shalat Tahajjud diantaranya :

Mendapatkan Rahmat dan Penghapus dosa.
Diriwayatkan dari Abu Umamah rodhiyallahu anha, Rosulullah sholallahu alaihi wasalam bersabda : " Kerjakanlah sholat malam (sholat tahajud), karena ia merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, dan bentuk pendekatan diri kepada Robb kalian, penghapus dosa-dosa serta pencegah perbuatan dosa." H.R Tirmidzi (3549) dan Hakim (I/308)


Menyehatkan badan.
Rosulullah Sholallahu Alaihi Wasalam bersabda sebagaimana yang disebutkan dalam hadits riwayat Thabrani: "Kerjakanlah sholat malam (sholat tahajud), karena sesungguhnya ia akan mengusir penyakit dari dalam tubuh."

Akan masuk surga dengan kedamaian.
Thabrani meriwayatkan dengan sanad hasan dari Abdullah Ibnu Umar r.a, bahwa nabi sholallahu alaihi wasalam bersabda, "Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat sebuah istana, dimana bagian luarnya bisa dilihat dari dalam, dan bagian dalamnya bisa dilihat dari luar." Abu Malik Al-Asy'ari r.a bertanya, "Untuk siapakah istana itu, wahai Rosulullah?" Beliau menjawab, "Untuk orang yang berkata baik, memberikan makan, dan mengerjakan shalat malam (sholat tahajud) ketika orang-orang sedang tidur malam."

Sholat malam merupakan kemuliaan orang mukmin di dunia dan akhirat.
Thobroni meriwayatkan dg isnad hasan dari Sahl bin Sa'd r.a, bahwa ia berkata, "Jibril datang kepada nabi saw seraya berkata, "Wahai Muhammad, hiduplah sesuka hatimu, sesungguhnya engkau akan mati. Kerjakanlah sesukamu, sesungguhnya engkau akan diberi balasan atas tindakanmu itu. Cintailah orang yang engkau kehendaki, sesungguhnya engkau tetap akan berpisah dengannya. ketahuilah bahwa kemuliaan seorang mukmin itu terletak pada shalat malam yang dikerjakannya. Sedangkan kemuliaanya terletak pada kecukupannya dari (bantuan) orang lain."

Orang yang bangun malam untuk mengerjakan shalat tidak akan merugi.
Thobroni meriwayatkan dari Ibnu Mas'ud r.a, bahwa Rosulullh saw bersabda, "Allah tidak akan menjadikan rugi seseorang yang bangun tengah malam, lalu ia membaca surat Al Baqarah dan surat Ali Imron.

Mendekatan diri kepada Allah SWT.
Tirmidzi meriwayatkan dari Amru bin 'Anbasah r.a, bahwa ia pernah mendengar Nabi saw bersabda, "Keadaan paling dekat seorang hamba dengan Robbnya adalah ditengah malam terakhir. Jika engkau bisa menjadi bagian dari orang yang berdzikrulloh ketika itu, lakukanlah."

Akan menjadikan pelakunya memiliki sifat rendah hati.
Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya :“Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu adalah orang-orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melalui malam hari dengan sujud dan berdiri untuk Tuhan mereka”

Akan menjadikan pelakunya sebagai orang yang selalu mensyukuri nikmat Allah SWT. Sebagaimana yang telah diterangkan didalam hadist Nabi Muhammad SAW, yang artinya : “Sungguh Rosulullah SAW berdiri dan shalat hingga kedua telapak kakinya atau kedua betisnya bengkak, maka jawabnya : “Bukankah aku ini seorang hamba yang banyak bersyukur”. (HR. Jam’ah kecuali Imam Abu Daud, yang bersumber dari Al Mughirah bin Syu’bah R.A)

Dapat melepaskan simpul godaan syaitan (mengusir syaitan) serta menjadikan badan segar dan penuh semangat.
Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya: “Pada waktu seseorang tidur, syaitan membuat tiga buah simpul dikepalanya. Untuk setiap ia mengatakan : “tidurlah engkau sepanjang malam, bila ia terbangun, lalu menyebut nama Allah, maka lepaslah satu simpul, Jika ia berwudhu, maka lepaslah satu simpul lagi; dan jika ia shalat, maka terbukalah seluruh simpul. Pada waktu bangun lagi,ia akan merasa penuh semangat dengan badan yang segar. Jika tidak, ia akan bangun pagi dengan perasaan serba tak enak dan malas.”(HR.Imam Bukhari,dari shahabat Abu Hurairah r.a)




Wallahu a’lam. Hanya Allah Yang Maha Mengetahui..

No comments:

Post a Comment